Kayak gapunya Tuhan aja. Buat kamu yang terlalu sibuk mikirin sendiri masalahmu, sampai lupa kalo ada dua tangan yang bisa ditengadahkan ketika kesulitan. Ada sajadah untuk berbisik masalahmu. Ada Allah yang selalu siap mendengarmu. Anytime, anywhere.

Ketika kita lagi sibuk ngeluh panas karena terik matahari yang begitu menyengat, ketika kita lagi sibuk ngeluh hujan yang gak kunjung reda, di sana ada saudara-saudara kita sesama muslim yang sibuk menghindari panasnya api serta hujan peluru dan bom yang terus-menerus menghujani mereka. Kemudian mereka masih terus memegang aqidah mereka. Sedangkan kita, kita lupa bahwa…

Ketika kita lagi ngurusin hal-hal receh yang sifatnya duniawi, ketika kita lagi sibuk dengan segala kebaperan kita, di sana ada saudara-saudara kita sesama muslim yang lagi sibuk berjuang antara hidup dan mati demi aqidah mereka. Sedangkan kita masih terlalu sering lalai. Sedangkan kita masih terlalu sering sibuk dengan masalah sendiri sampai-sampai lupa kalo kita ini…

Jangan sampai waktumu terlalu banyak kamu gunakan untuk hal-hal yang mubah. Jangan sampai tenagamu habis untuk hal-hal yang mubah. Apalagi yang makruh dan yang haram. Rugi.

Marah itu naluri. Ya emang manusia dikasih fitur bisa marah setelah disakiti. Tapi dia bukan kebutuhan dasarmu. Kamu gak bakal mati kok kalo lebih milih diam dan gak nuruti amarhmu. Bahkan itu jaaauuuh lebih baik.

Sabar itu bakat yang sesungguhnya. Masing-masing orang punya bakat sendiri-sendiri, yang dibutuhkan bukan apa-apa, hanya sabar untuk terus mengasahnya, hanya sabar ketika realita tak terjadi seperti yang diinginkan. Kamu mungkin akan mendapati banyak kegagalan. Kamu mungkin menghabiskan banyak uang untuk mengasah bakatmu. Sabar. Kamu butuh sabar untuk menjalani semua prosesnya dan mengahadapi setiap hasil yang…

Yang wajib dan sunnah diambil, yang haram dan makruh ditinggalkan, yang mubah dipilih-pilih.

Tepat Waktu

Yang namanya tepat waktu ya artinya gak terlambat. Gampangnya gitu. Salah satu case sehari-hari yang sering banget kita temuin. Kalau pingin datang kuliah tepat waktu, ya berangkat lebih awal, sampai di kampys lebih awal. Dan taraaa… Gak telat deh. Sayangnya cara kerja Tuhan gak gitu. Gak secupu manusia. Gak seribet manusia yang kudu datang lebih…

Bila hari ini kamu merasa berada pada titik terendah di hidupmu, percayalah bahwa Tuhanmu hendak menuntunmu menuju hal yang jauh lebih besar dari sebelum-sebelumnya. Anggap saja rejeki besar sedang menantimu. Jangan bersedih, bersabarlah.

Belajar sabar gih. Jangan grusa grusu terus. Kadang semua juga waktu untuk berproses. Kamu sadar itu juga kan? Jadi please, sabaro.