Romantisme dalam Taqwa

Surabaya, 12 Desember 2016 “Lintang heran deh sama Mbak Wulan. Gak abis pikir aja gitu.” “Gak abis pikir tentang apa sih, Dek?” “Kenapa sih Mbak keras kepala banget? Kenapa Mbak pilih-pilih banget? Sudah ada berapa laki-laki yang datang ke rumah dan akhirnya berakhir di tengah jalan.” “Ya itu namanya gak jodoh, Dek.” “Mbak nyari yang…

Berulang

Malang, 11 Desember 2016 “Hidup ini tuh sebenernya cuma pengulangan aja. Gak ada yang bener-bener baru.” “Kata sapa?” “Kata gue lah. Wkwkwkwk..” “Ngehek lo, Wan.” “Tapi bener, kan? Masalah yang sekarang lagi muter-muter di kepala kamu itu sebenernya bukan masalah baru, kan? Kamu dulu sudah sering ngurusin segitu banyak manusia. Dan kamu dulu jua sering…

Mengendalikan Rasa

Surabaya, 22 Oktober 2016 “Siapa yang menjaga rasa, Allah akan bantu kendalikan asa. Jika cinta akhirnya tak bersama, hati akan tetap baik-baik saja.” *** “Mbak Wulan..” “Hmmmm..” “Lintang barusan putus.” “Innalillahi. Lagi?” “Iya. Hehehe…” “Sekarang kenapa lagi putusnya?” “Karena Allah.” “Really?” “Seriiiiuuuus, Mbaaak. Lintang pingin ntar kalo nikah, pernikahan Lintang barokah. Trus Lintang mikir lagi,…

Paket Cinta

Surabaya, 28 Juni  2016 “Mbak…” “Iya sayang, ada apa?” “Mbak, kudu banget ya kayak gitu?” “Apanya? Kok tiba-tiba nanya gitu?” “Jilbab.” “Kenapa? Kenapa?” “Abis ngaji Al- Ahzab 59 Mbak, trus kan di situ ada perintah buat berjilbab kan ya, aku baca terjemahan sama tafsirnya. Kata tafsirnya, jilbab itu baju kurung panjang seperti terowongan dan tidak…

Nikmatnya Ujian

Surabaya, 25 April 2016 “Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru pada Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata, ‘Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku.’ Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.” – Q.S. Az Zumar: 49   ***  “Mbak, Lintang boleh nanya gak?"  "Tanya apa sayang?" …

Bila memang kamu rumah yang kutuju, mengapa aku harus takut untuk pulang kepadamu? Mengapa keraguan itu terus menerus muncul dihadapanku tepat ketika aku memutuskan untuk pulang kepadamu? Ada apa dengan aku? Ada apa dengan hati? Benarkah itu kamu? © Aprilely Ajeng Fitriana

Yes or No?

Surabaya, 28 April 2016 “Mbak Tari, Wulan mau nanya. Penting dan mendesak.” “Wulan mau tanya apa sih?” “Mbak dulu sama Mas Surya jadi yakin gitu gimana ceritanya?” “Gatau ya.. Mbak jalani aja semua prosesnya. Mbak tetep libatkan Ayah sama Bunda. Ayah sama Bunda juga udah oke kan sama Mas Surya. Selebihnya Mbak pasraaah aja sama…

Nominal Gaji

Surabaya,19 April 2016 “Besar kecilnya rizki tidak diukur dan/atau dilihat dari jumlah gaji yang diterima.” – AAF *** “Mbak Wulan, aku kan udah lulus kuliah, mau nyari kerja, aku boleh kepo-kepo gak, Mbak?” “Mau kepo apa sih, Tang?” “Lintang mau tanya gaji, hehehe.” “Ih, belum kerja kok udah nanyain gaji. Mestinya kamu pikir dulu, nyari…

Tentang Istri

Surabaya, 18 April 2016 “Mas Bumi, Wulan boleh tanya sesuatu?” “Silahkan.” “Apa pendapat Mas Bumi tentang wanita yang bekerja?” “Gak ada salahnya. Kan memang oleh agama kita gak ada larangan.” “Iya sih.” “Perempuan yang memilih bekerja punya konsekuensi lebih besar. Dia harus memutar otak lebih keras lagi.” “Kok bisa gitu?” “Kewajiban utama perempuan itu apa?…

Investasi untuk Anak

Surabaya, 15 April 2016 “Investasi untuk anak dimulai dengan mencari calon ayah terbaik untuk dijadikan pendamping hidup.” – AAF *** “Kamu mau gak Mbak kenalin sama temen Mbak?” “Siapa?” “Ada deh. Insya Allah dia sholeh. Anaknya juga baik. Pemikirannya luas. Keren lah pokoknya.” “Kerjanya apa?” “Perusahaan minyak.” “Offshore?” “Iya.” “Enggak deh, Mbak. Makasih. Mbak tawarin…