Tertunda atau Menunda

This is just another random tought.

Sesliwer tiba-tiba aja gue kepikiran sama mas-mas yang diumur 30an ke atas tapi belum juga nikah. Kenapa ya mereka belum nikah? Mereka kan beda sama cewek yang kalo pingin nikah pake nungguin si abang ijab qabulin dia dulu. Nah cowok kan gak gitu ya.

Padahal ya gue ngerti jawabannya apa. Ya takdirnya gitu. Belum nemu jodoh.

Tapi ya perihal jodoh ini kan sebenernya gabisa digeneralisir gitu kan ya. Mesti didetaili satu-satu. Nah, setelah itu kita akan sama-sama nemu 2 alasan kenapa sampai umur segitu gak nikah-nikah.

Tertunda atau menunda.

Tertunda, artinya dia udah usaha buat nyari pendamping hidup. Tapi kenyataan berkata lain. Sampek umur segitu gak ketemu juga sama jodohnya.

Atau memang menunda, apa aja sih alasannya. Bisa karna belum siap bertanggung jawab atas hidup orang lain atau memang ada sesuatu yang penting banget buat dia yang kalo dia nikah malah kasian keluarganya.

Pada akhirnya, entah karena tertunda atau menunda. Gabisa juga sih kita ngehujat, mendeskriminasikan, mendeskriditkan, mencaci maki, atau apapun yang gak enak-enak buat mereka. Karena gak semua hal dalam hidup mereka itu bener-bener bisa mereka kendalikan sendiri, bisa sepenuhnya mereka pilih dengan bijak. Adakalanya, mereka udah usaha, udah pingin, tapi ada hal lain yang bikin mereka belum bisa menikah.

Menikah itu ghaib. Gak ada yang tau sampai hal itu terjadi. Maka mengimani bahwa akan menikah pada saat yang tepat dan bersabar atas segalanya itu jauh lebih baik dari pada meratapi kenapa takdir kok gini-gini amat.

Dah, gitu aja.

Elupa, ini berlaku juga buat yang cewek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s