chibird:

Starting up the 2018 motivation with some 2017 -> 2018 ghosties! Bless your friends with some good vibes~ πŸ’–βœ¨

2017 itu tahun super duper heboh. 2016 lalu pengen banyak jalan-jalan di tahun 2017, alhamdulillah dituruti dengan banyaknya tugas keluar kota buat promosi ke industri. Keluar kota, tapi kerja, dan gak selalu sempat untuk jalan-jalan karena keterbatasan waktu.

Tapi udah keturutan buat liat Bandung yang penampakannya mirip banget sama Malang dengan area yang lebih luas.

Keturutan nyempetin jalan-jalan ke Jogja juga cuma buat jalan kaki di area Malioboro.

Tahun ini, lebih sering ninggal kelas karna amanah sana sini. Ya akreditasi, ya nemenin mahasiswa lomba.

Wacana ke Jepang tahun ini yang konon kabarnya lolos seleksi, belum juga ada kabarnya. Bahkan sampek Mbak @deamahfudz Prajab dan selesai sidang pun, pengumumannya gak kunjung keluar. Kapan ke Jepangnya, jadi atau enggak. Entahlah.

(Ngarep keluar negeri, ngurus pasport pun gak sempet 😒)

Ketemu sama orang-orang Korea dan ngopeni satu-satu anak-anak yang warbyasah kalo lagi nyebelin dan lucu kalo pas lagi nyenengin. Jadi pengen ke Korea juga, tapi ternyata barengan sama agenda lain yang kejar-kejaran. Alhamdulillah, gak disuruh berangkat. Pasti rempong kalo ditugasin.

Rencana mau ke Pontianak juga failed gegara mepet dengan agenda akreditasi. Akhirnya melepaskan anak lomba hanya ditemani 2 dosen lelaki yang meragukan kalo disuruh ngopeni mahasiswa. Alhamdulillah, sekali pun agak berantakan mereka pulang bawa piala. πŸ™‚

Tahun ini mulai bener-bener meluangkan waktu buat dakwah, jadi gak cuma lewat tulisan aja, tapi interaksi langsung. Dan bener-bener diluangkan bukan hanya ketika ada yang ngajak ngobrol aja. Dan hasilnya warbyasah juga.

Ada perubahan dari objek dakwah, even sekarang balik lagi karna udah mulai kabur-kaburan. Ada yang minta ngaji ketika kajian saya mulai disoroti negatif sama atasan.

Dapat fitnah juga. πŸ˜…

Tapi gak pengen cerita. Alhamdulillah Allah Maha Baik, menunjukkan orang-orang yang mengklarifikasi fitnah tersebut sendiri tanpa saya harus mendatangkan saksi atau apapun.

Tahun ini banyak juga yang nanya, “Lel, kamu kan ngaji di HTI ya. Sekarang bubar, trus apa kabar?”

Ya tetep ngaji, tetep dakwah. Itu jawaban saya. Even terseok-seok sodaraaa…

Warbyasah sekali kok tahun ini.

Tahun ini ajakan saya ke orang-orang buat ngaji Islam lewat banyak tulisan di sosmed saya, akhirnya membuahkan hasil. Ada yang mulai nanya kemana dia harus ngaji. Kalo ikhwan biasanya saya arahin buat cek akunnya Yuk Ngaji, kalo akhwat, misal deket, saya ajakin ngaji sama saya. Ini ngajaknya pake deg-degan seharian, berdoa banyak biar gak salah ngomong, dan yang tadi nanya mau bener-bener memfollow up niatnya.

Tahun ini gak dapet dana penelitian sama sekali trus males bikin jurnal gegara gak ada tuntutan. πŸ˜…

Mulai dapet gambaran ngajar beberapa mata kuliah, even tetep aja gak sesempurna yang ada di kepala saya karna di akhir tahun banyak kelas yang saya tinggal-tinggal. Eh, awal tahun juga deng.

Tahun ini dapet mata kuliah kewirausahaan yang notabene gue sendiri gatau mau ngajar apa. Allahu akbar, warbyasah sekaleee..

Tahun ini ambil banyak kelas online, macem Bahasa Arab, kelas Fiqih, kelas nulis. Buoannya gamau ambil kelas konfensional, tapi tenaganya yang gak bisa. Bisanya malem, dan kalo udah malem itu boyok rasanya udah mau rontok. Pagi banyak gabisanya karna jadwal ngaji. Weekend juga gabisa karna agenda pulang. Mau ambil kelas di Malang, belum tentu bisa pulang tiap minggu. Mau ambil kelas di Surabaya, Ibuk protes kalo anaknya gak pulang-pulang. Ya udah, online aja.

Tahun ini, belum nikah juga sampai 31 Desember ini. Gak pengen cerita juga tentang perjalanan pencarian ini.

Oya, tahun ini keturutan ngaji sama Mbak Resti. Pertama kenal udah penasaran banget kalo ngaji sama Beliau gimana rasanya. Trus pas ganti kelompok halaqah kebetulan dapet sama Beliau. Senang sekaleee.. Ketemu Shofi, putrinya yang ngajarin saya banyak hal dari liatin tingkah lucunya.

Tahun 2018, punya banyak harapan. Tapi gak pengen nulis di sini. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s