Bukankah hukum ada bukan hanya untuk menghakimi tapi juga untuk mencegah?

Elly Risman dalam salah satu sidang MK

***

Hari ini, saat mencuplik kata-katanya Bu Elly Risman, saya cuma bisa mbatin, “berapa banyak data lagi yang harus ditampilkan agar orang mau kembali pada syariat Islam? Bukankah seluruh data yang ditampilkan akhirnya mengarah pada kesimpulan bahwa Allah sudah memberikan aturan agar semua data yang gak ingin kita lihat hari ini terjadi.”

Islam datang bukan hanya untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, bukan hanya mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, tapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lain. Semua adalah sebuah aturan, bukan hanya aturan yang digunakan untuk membedakan mana yang benar dan salah, bukan hanya aturan untuk menghukumi sesuatu, pun juga sebuah aturan untuk melindungi sekaligus mencegah.

Aturan tadi memang tak semua harus sama. Ada part yang diwajibkan harus sama dan ada part lain yang dibolehkan untuk berbeda. Tapi begitulah aturan itu ada, untuk menjadi rahmat untuk seluruh alam.

Sayangnya, tak semua mau mengambilnya. Sebenarnya, ini bukan soal tentang ada manfaat atau tidak orang mau mengambilnya atau tidak, tapi tentang mau atau tidak kita mengambil syariat Islam sebagai satu-satunya pegangan hidup, sebagai the only way of life.

Hukum Islam mestinya diambil entah itu ada data atau tidak. Entah itu terlihat manfaatnya atau tidak. Tapi ini tentang seberapa taat manusia dengan Tuhannya. Ini tentu urusan iman, tentang keyakinan bahwa Allah bukan hanya sebagai Pencipta tapi sekali Pengatur. Jadi, tak mungkin Allah hanya mencipta alam semesta, kehidupan, dan manusia tanpa membuat aturan-aturan agar semuanya mampu berjalan selaras.

Lalu, siapa kita yang merasa aturan manusia jauh lebih benar dari Sang Pencipta sekaligus Sang Pengatur?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s