Munafik (?)

Munafik itu bermuka dua. Kalo ngobrol sama si A, dia jadi A. Ngobrol sama si B, dia jadi B. Suka khianat dengan janjinya. Suka bohong. Suka gak sinkron antara apa yang disampaikan dan apa yang dilakukan. Itu munafik.

Sebenernya saya gak lagi pengen bahas tentang munafik itu apa. Tapi tentang bagaimana jika lingkungan sekitar mulai melabeli diri kita munafik pasca berusaha jadi baik.

Pertama, ketika kamu mulai hijrah terus ada yang suka liatin kamu dari ujung kepala sampai ujung kaki, mulai ngatain kamu aneh-aneh, mulai ngetawain kamu di belakangmu, mulai membenci dengan apa yang kamu bawa. Maka, abaikan yang begini ini. Anggap ini kerikil yang Allah datangkan buat kita. Kira-kira kitanya bisa gak ngelewatin kerikil ini tadi.

Gitu aja.

Kedua, kalo ada yang mulai ngatain kamu munafik, entah itu di depan atau di belakang. Maka mulailah untuk bermuhasabah diri lebih besar dari sebelumnya. Jangan langsung diabaikan. Tapi banyak-banyak ngecek diri. Kepoin kalo perlu sisi mana yang mereka bilang munafik itu.

Jangan-jangan kita suka nasehatin orang, tapi gak cukup bisa untuk beneran melakukan perubahan itu.

Jangan-jangan, dulunya kita yang paling banter koar-koar anti pacaran, tapi begitu datang ikhwan pura-pura sholih datang (karna yang sholih beneran gak akan nge-php dengan obral janji nikah, tapi digantungin macem jemuran) kitanya tersibukkan untuk menyenangkan nafsu.

Jangan-jangan kitanya masih suka gak nepatin janji.

Jangan-jangan perilaku kita masih gak mencerminkan muslim yang sesungguhnya.

Maka, berterima kasihlah kepada mereka yang ngatain munafik tadi. Karna mereka ada untuk mengingatkan kita tentang perilaku kita yang masih super sembrono. Sama Allah jelas-jelas gak diridhoi, main terabas aja. Jangan-jangan karena ini.

So, kalo ada yang ngatain kayak gitu, senyumin trus rubah diri jadi jauh lebih baik lagi. Bukan untuk yang ngatain, tapi untuk Allah. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s