Jawaban dari Pertanyaan

Kalo lagi sama mbak-mbak yang udah ngaji duluan, yang perjuangannya dalam dakwah luar biasa, yang bahkan umurnya gak jauh beda sama saya, itu rasanya nyesel. Kenapa dulu waktu diajakin ngaji pake kabur-kaburan. Kenapa dulu begini, kenapa dulu begitu. 😦

Tapi kemudian waktu liat temen yang dulu sering ngajak ngaji bareng kemudian jadi agak nyentrik kelakuannya. Ketika tau kalo dia pacaran super lama dan baru nikah. Akhirnya sadar, gak mungkin dia masih ngaji di tempat yang dulu kalo dianya jadi begitu. Bahkan, bisa jadi dia sudah meninggalkan itu semua.

Allah mungkin ingin saya berproses dengan proses yang amat panjang. Bukan sekedar diajak, tapi keinginan saya sendiri untuk mencari yang membuat saya melangkahkan kaki dengan sadar untuk kepoin Islam.

Maksiat saya tentu saja amat sangat banyak. Ini yang sering bikin nyesek. Coba dulu udah ngaji, pasti kan ada yang ngingetin terus. Pasti kan malu-malu sendiri mau maksiat sementara temen-temen yang lain berlomba-lomba jadi baik. Pasti kan galau sendiri kalo mau maksiat, gak uueenak, tidur gak tenang. Gak kayal dulu, yang even bermaksiat santainya bukan kepalang. Horornya, pake ngajak-ngajak orang lain pula. Astaghfirullaaah…

Ketika Allah punya skenario panjang yang Maha Baik untuk saya, saya pun percaya bahwa Allah juga memberikan skenario baik lainnya pada orang lain. Si A mungkin harus patah hati luar biasa untuk mau mengkaji Islam. Si B mungkin harus kebingungan bayar hutang riba dulu baru mau ngaji. Si C mungkin kudu galau kebelet nikah dulu baru mau ngaji. Si D mungkin kudu kepo untuk cari titik lemahnya dulu baru mau ngaji. Tapi kemudian Allah akan tunjukkan kebenaran, Allah akan bimbing langkah kaki kita untuk menemukan kebenaran yang hakiki. Asal, kita mau untuk mencari. Asal, kita tidak menyerah dengan ketidaktahuan kita.

Jadi, jangan putus asa. Nikmati saja prosesnya. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s