Hijrah

Hijrah itu berpindah ke tempat yang lebih baik. Artinya ada perubahan perilaku yang ditunjukkan dari perpindahan yang dilakukan. Dari yang sholatnya bolong, jadi ketambal semua. Dari yang gak pernah ngaji, jadi sering ngaji, dari yang tidak menutup aurat jadi nutup aurat. Dan masih banyak lagi contohnya.

Kalo kata Ustadz Adi Hidayat, hijrah itu bukan sekedar ganti baju dari yang gak syar’i ke yang syar’i aja, tapi ada perubahan perilaku yang kemudian ditunjukkan. Ada perubahan suasana keimanan dan usaha untuk menjaga suasana iman itu sendiri.

Karna banyak juga yang pakaiannya berubah jadi syar’i tapi kemudian perilakunya gak ada perubahan sama sekali. Gak gitu.

Hijrah juga bukan sekedar pindah tempat saja. Harus ada perubahan. Misal, kita pindah kantor dari tempat A ke tempat B. Ini juga belum bisa dikatakan hijrah ketika cuma pindah aja. Kalo misal di kantor B, ibadah jadi makin mudah, makin rajin, makin yang baik-baik. Ini baru bisa dibilang hijrah.

Hijrah sendiri gak semuanya mudah. Macem langsung mak wes trus berubah. Macem power ranger atau satria baja hitam. Ada juga yang butih waktu panjang, proses yang berliku-liku. Ada. Kita sendiri pernah ngalamin kan. Buat hijrah aja susahnya luar biasa. Perlu membiasakan diri, ada episode nangis-nangis karna dianggap aneh, dan lain-lain. Tapi kemudian setelah berlalu, ya sudah. Ada ujian lain. Istiqomah.

Ini macem anak SD yang mau masuk ke SMP. untuk ngecek anak ini layak atau tidak masuk SMP kan perlu dites dulu. Hidup kita pun begitu. Biar tau kitanya layak atau tidak untuk menjalani step yang selanjutnya kita perlu diuji dan harus lolos. Kalo gakya levelnya bakal gitu-gitu aja. Ibarat kata, bakalan ngendon terus di SD kalo gabisa lulus ujian SD.

Jadi, berbahagialah dengan ujian itu karna tandanya Allah kasih kita jalan untuk bisa naik level. Don’t be sad dengan ujian yang gak nyenengin. Dan juga jangan sampai terlena ketika ujian itu terlalu menyenangkan. Tetap semangat untuk berubah menjadi lebih baik. Tugas kita hanya berusaha sebaik mungkin. Hasilnua itu urusan Allah. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s