Ramadhan #18: Peta

“Panggil peta.. Panggil peta.. Panggil peta.”

Wkwkwkwk…

Nulis judul itu kemudian inget Dora sama Boo yang kemana-mana bawa peta.

Tau peta kan? Fungsinya untuk menunjukkan jalan. Sebenernya gak harus pake peta juga sih. Dikasi tau ancer-ancernya (ini bahasa indonesianya apa ya? Mmmmm patokan kali ya) aja juga bisa.

Tapi susah kan memahami peta. Orang yang biasa tinggal di surabaya mungkin gabisa bayangin daerah-daerah yang ada di jogja, even udah dikasi peta. Kasih peta masih bisa pusing.

“Hmmmm… Gak paham.”

Cara yang paling mudah memahami peta adalah melakukan perjalanan. Ya ditrace aja apa kata peta. Misal suruh belok ya belok, suruh lurus ya lurus. Gituuuu aja terus, sampek nyampek ke tujuan.

Abaikan hasil karya anak magangnya gmap yang kadang nyasarin kita ke sawah-sawah yang jelas gak mungkin dilaluin mobil. Abaikan guy, abaikan.

Al Quran pun demikian. Dia diturunkan sebagai petunjuk hidup kita. Misal cuma dibacaaa doang, ya susah buat paham. Lakukan saja apa yang diperintahkan oleh Al Quran dan jauhi yang dilarang. Sami’na wa atho’na. Gitu.

Ada kisah menarik ketika masa kenabian dulu. Saat di Madinah, sempat wahyu itu tidak turun selama kurun waktu 1 tahun lebih. Para sahabat pun bertanya kepada rasulullah, “Ya Rasul, yang kemarin ini apa wahyu terakhir ya? Kok yang baru belum juga turun.”

Rasulullah saat itu juga gak ngerti maksudnya Allah kenapa wahyu yang baru gak juga release. Akhirnya Rasulullah tanya langsung ke Allah. Dan dijawab seperti ini,

“bagaimana mungkin kalian meminta wahyu baru, sedangkan yang sebelumnya saja belum kalian lakukan?”

Jadi, critanya Allah sebelumnya ngasih aturan ke ummat tapi hingga saat itu belum juga dilakukan secara sempurna. Ya kalo kita compare ke jaman sekarang. Dilakuin sih, tapi semaunya.

Lalu,
Kita gimana guys? Sudahkah berislam secara kaffah? Wahyunya udah komplit looh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s