Buka Puasa

Salah satu nikmatnya ramadhan yang sering saya kangenin itu buka bersamanya. Bukan buka bersama di masjid, bukan bersama di rumah makan. Tapi di rumah.

Masak buat buka puasa itu menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi kalo ternyata masakannya layak dimakan dan yang makan suka. Trus abis. Itu nikmaaat banget.

Dulu waktu masih S2 masih ngalamin buka puasa bareng di kosan. Jadi, waktu mau buka gitu masing-masing anak ngeluarin bahan makanan mereka masing-masing. Ada yang cuma masak sayur. Ada yang cuma punya beras ya masak nasi. Ada yang punya lauk ya masak lauk. Ada yang punya blewah ya bikin es blewah. Trus waktu mau buka semua masakan tadi di tata di ruang tengah depan tv. Tiba-tiba semuanya komplit gitu. Mau sambel ada, lauk ada, sayur ada, es juga ada.

Di antaranya, ada juga yang cuma modal piring aja. Tapi ya semuanya seneng. Bisa makan rame-rame. Misal masakannya tadi sisa, biasanya dijadiin menu sahur. Sayangnya pas sahur gak semuanya bangun, ada yang milih gak sahur aja. Dan karena makanan sisa buka ini udah limited, beberapa milih mie instan atau telur goreng buat sahur. Anak kost banget lah.

Dulu pas puasa pas lagi thesis juga. Hampir semuanya kejar deadline thesis atau TA pas ramadhan itu. Ya sih, kami gak ke mesjid. Tapi tetep tarawih berjamaah. Abis tarawih kejar deadline lagi. Waktu itu rasanya nyenengin gitu. Macem di rumah.

Kalo di rumah, yang masak buat buka puasa biasanya gantian sih. Antara ibuk, aku, atau dik Lila. Yang khas dari masakan di rumah adalah jus tomat wortelnya. Kadang dicampurin apel juga sih. Itu yang selalu ada dari jaman SD dulu. Awalnya karna disuruh bawa minuman tomat sama guru kelas 6 dulu. Pasca lulus SD, tetep dibikinin karna semuanya pada suka. Enak soalnya, wortelnya gak kerasa banget karena rasa tomatnya, apalagi kalo dikasih apel itu makin enak.

Kamu juga pasti punya kesukaan sendiri pas ramadhan. Ya kan? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s