Ramadhan #3: Kemusyrikan Firaun

Surabaya, 29 Mei 2017 – 3 Ramadhan 1438 H

Kisah Firaun selalu mambuat ngeri bagi siapa saja yang mendengarnya. Pada masa itu Bani Israil masih memeluk agama nenek moyang mereka. Begitu pula Firaun. Secara nampak dia masih bersikukuh dengan agama nenek moyangnya. Tapi sesungguhnya bukan itu yang benar-benar dia sembah. Firaun menyembah kekuasaannya, kekuatannya, adi dayanya, hartanya yang mampu menguasai bani israil kala itu. Dia seolah-olah mampu berkuasa atas hidup orang lain.

Kisah Firau memang ditulis berkali-kali dalam Al Quran sebagai pengingat. Hari ini Firaun memang sudah mati, tapi mereka yang menyembah kekayaan mereka, kekuasaan mereka, akal mereka, kekuatan mereka masih hidup hingga hari ini. Ada di antara mereka yang bersaksi bahwa tiada illah selain Allah, tapi nyata tindakan mereka sama sekali tidak mencerminkan hal itu. Bukan Allah illah mereka, tapi hartanya, kekuasaannya, akalnya, kekuatannya. Padahal dari mana semua itu berasal bila bukan dari Allah. Mereka lupa bahwa Allah lah yang memampukan mereka, bukan atas usaha mereka, tapi seluruhnya atas kehendak Allah.

Syahadat yang kita ulang berulang kali setiap sholat semoga tidak hanya terucap di bibir saja. Ramadhan ini adalah moment untuk selalu muhasabah diri, melatih diri untuk selalu mengevaluasi kembali iman serta amal sholih yang sudah dilakukan. Sudahkah kita benar-benar mengesakan Allah dan merendahkan diri kita di hadapan-Nya? Sudahkah kita melakukan amal sholih hanya untuk Allah? Seberapa sering kita merasa bahwa segalanya terjadi karena usaha kita? Seberapa sering kita menyombongkan diri kita?

Semoga di bulan ini kita mampu melatih hati kita untuk selalu tunduk pada Allah. Kita mampu melatih akal kita untuk tidak jumawa dengan segala kemampuannya. Hingga di bulan-bulan lain, kita pun mampu melakukan hal yang sama. Mengikat diri dalam balutan iman. Bergerak atas dorongan taqwa, bukan yang lain.

Semoga Allah memudahkan langkah kita. Semoga Allah menetapkan hati kita dalam agama-Nya. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s