Kinerja Dosen

Pas jadi mahasiswa pernah kan ngisi kuisioner penilaian buat dosen? Dulu sih kadang kalo ngisi sambil merem, kadang juga diseriusin, dibaca satu-satu. Intinya tergantung mood.

Trus sekarang pas jadi dosen akhirnya merasakan jadi orang yang dinilai. Trus nemu kelas yang istiqomah ngasi saya nilai 6 di semua mata kuliah yang saya ampu. Agak deg sih.

Duh ya, jelek amat dikasih 6. Tapi sadar sesadar-sadarnya kalo saya emang gam optimal ngajar kelas itu. Selain sering ditinggal karna tugas kampus, saya juga pernah nggondok pake banget ke kelas itu yang efeknya juga merambat ke semua mata kuliah. Mereka pernah ngerasain saya judesin dalam kadar sampek mereka gam brani minta acc praktikum ke saya. Wkwkwk. Jadi, agak wajar sih dapet nilai 6.

Kenapa?

Ada aturan yang saya tabrak juga gara-gara saya nggondok ke mereka. Saya ngerasanya adil gitu. Ketika kewajiban mereka tidak terpenuhi ya nilai mereka saya kurangi. Pun juga mereka ketika kewajiban saya tidak saya penuhi 100% ya mereka berhak ngasih nilai segitu.

Over all nilai praktikum selain kelas itu baik-baik aja. Di kelas workshop yang selalu bikin saya mules tiap minggunya yang nilainya gak bagus-bagus amat. Saya cuma belum nemu baiknya gimana. Soalnya saya gak sukaaaa banget ngasi tutorial ke anak-anak. Saya lebih seneng ngasi filosofi berfikirnya, dibanding harus ngasi tutorial cara bikin pcb atau cara mensolder yang baik dan benar. Tapi kayaknya tetep ada yang miss pake banget.

Yalaah.. 4 jam pelajaran. Teori cuma sampek minggu ke 4 doang trus sisanya praktikum. Trus geje. Rrrggghh..

Well, angka itu cuma penilaian aja. Ada yang sebenarnya lebih saya butuhkan dibanding angka-angka itu. Saran.

Saya kurangnya di mana? Mana yang harus saya perbaiki? Mana yang harus dipertahankan?

Gitu.

Semoga semester depan lebih baik lagi. Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s