Akhir Zaman

Surabaya, 5 Januari 2017

Kemarin banget ibu-ibu di ruangan ngobrolin tentang ini. Tetiba bahas perang yang ada di Siria.

“Suami saya itu bilang kalo kondisi di Siria itu bukan karna presidennya, bukan juga perang antara syiah sama sunni. Saya terus gak terima dan masih ngeyel kalo penyebab segala peperangan ini terjadi ya karna Basyar Arasad.”

Trus Bu Ex crita penjelasan suaminya kalo sebenarnya dalang dibalik itu dari segala macam peperangan ini karna Dajjal itu sudah ada. Wujud Dajjal sendiri kan ada pendapat yang menyebutkan berbeda-beda. Ada yang wujudnya manusia, ada yang wujudnya orang bermata satu, ada yang bilang fenomena alam, dan sebagainya. Tapj kalo ditelaah tentang beberapa hadist yang menjelaskan tentang akhir zaman itu sendiri, trus kita liat sekeliling kita. Ya emang bener kita ini lagi ada di akhir zaman.

Tentang imam mahdi yang nanti akan muncul. Tentang khilafah yang akan tegak di akhir zaman. Tentang gejolak-gejolak yanh semakin terasa. Rasa-rasanya memang benar. Ini sudah di penghujung zaman.

Pertanyaannya, trus kenapa kalo udah akhir zaman? Trus kamu mau ngapain kalo udah akhir zaman?

Sebelum akhir zaman terjadi kita aja gak bisa memastikan masih hidup apa gak. Sebelum merasakan semua yang ditulis tentang akhir zaman itu belum tentu juga umur kita sampai. Kita aja gak pernah bisa memastikan lima menit lagi masih hidup atau gak, apalagi yang lebih jauh dari itu.

Tentang akhir zaman atau tentang kematian itu sebenarnya bukan buat diheboh-hebohin. Tapi buat reminder untuk jadi baik dan menjadikan lingkungan sekitar (hingga lingkup yang lebih luuuuaaas lagi) juga jadi baik. Dan fyi, jadi baik itu perlu ilmu. Biar kita juga ngerti ini secara syariat sudah benar atau tidak. Karna syarat diterimanya amalan itu tidak cukup hanya dengan niat yang baik dan benar saja, tapi juga dilakukan sesuai syariat (seperti yang rasul contohkan). Macem sholat, macem puasa.

That’s why..
Yuk ngaji biar ilmunya nambah. Yuk ngaji biar kita bisa jadi pribadi yang lebih baik. Yuk ngajakin orang ngaji, biar yang baik gak cuma kita aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s