Berulang

Malang, 11 Desember 2016

“Hidup ini tuh sebenernya cuma pengulangan aja. Gak ada yang bener-bener baru.”

“Kata sapa?”

“Kata gue lah. Wkwkwkwk..”

“Ngehek lo, Wan.”

“Tapi bener, kan? Masalah yang sekarang lagi muter-muter di kepala kamu itu sebenernya bukan masalah baru, kan? Kamu dulu sudah sering ngurusin segitu banyak manusia. Dan kamu dulu jua sering jatuh sakit gara-gara terlalu mikirin mereka. Wkwkwkwk..”

“Lo kayaknya bahagia banget ya kalo gue galau gini.”

“Temen yang baik itu gitu Tang. Selalu ada pas lo lagi susah, tapi sejujurnya buat ngetawain dari deket sih.”

“Sial.”

“Wkwkwkwkwk..”

“Tapi gue gak setuju sama lo. Hidup gak sepenuhnya pengulangan. Iya sih, semuanya kayak berulang gitu aja. Tapi value-nya beda, lebih besar dari sebelumnya, lebih jauh, lebih dalam, dan lebih-lebih yang lain. Macem main minion race. Di stage 1 gue cuma kudu lari 100m doaang buat dapetin 1 jeruk, trus dapet 3 jeruk kalo gue bisa lari 300m. Trus sekarang di stage 3, misinya hampir sama sih, lari. Lari doang, bukan ngambilin banana-nya atau lompatin rintangan. Cukup lari, hampir sama kan kayak di stage 1? Tapi gue harus lari 250m buat dapet 1 anggur. See? Semua kayaknya berulang, tapi yang diraih bakal beda, effortnya beda, sebelnya kalo gagal juga beda, gemesnya buat bisa sukses juga beda. Belum lagi di stage ini, semua kayak jalan serba cepet gitu. Wush.. wush.. Nah, gue kan bisa aja gak siap gitu. Apalagi kalo pas lagi ngantuk, apalagi kalo tiba-tiba ada distraksi.”

“Lo curhat apaan sih Tang? Kok jadi bahas minion. Lo galau karna masalah lo yang itu atau galau karna gagal mulu pas main minion?”

“Hehehehe… minionnya udah berhasil kok. Gue galau sama masalah gue. Gue cuma ngasi analogi yang mudah lo pahami aja.”

“Iya iya.”

“Tapi lo paham kan maksud gue?”

“Iya paham.”

“Apaan coba kalo paham?”

“Lo emang udah pernah dapet masalah ginian. Bagi sebagian orang, termasuk gue, lo udah hafal lah ya kudu gimana-gimananya. Tapi seiring dengan bertumbuhnya pemahaman lo, sebenernya ada nilai tambah yang juga kudu lo kasih buat nyelesein masalah lo. Bukan bermaksud mempersulit masalah, tapi ya memang misinya gitu. Lo dibilang lulus, sukses, berhasil kalo lo udah bisa ngelaluin itu. Gitu kan?”

“100 buat lo.”

“Sebenernya ya Tang, lo tau kalo misal lo gak bener-bener bisa ngerubah pake tangan lo, lo masih bisa doain mereka. Bukan dipikir sendiri sampek lo bongkotan. Lo yang sering bilang ke gue, kalo kita punya masalah, balikin lagi sama yang punya masalah. Sudah lo lakuin?”

“Sudah. Tapi kayaknya gue kebanyakan distraksi deh, jadinya gak bener-bener ketemu.”

“Ya dibenerin Taaang…”

“Iya iya, ini lagi gue usahain. Btw, selamat ya, lo udah kasih gue undangan dari kapan hari tapi gue baru bilang selamat sekarang. Semoga lancar sampai hari-H. Semoga pemahaman lo juga makin bertumbuh biar lo bisa makin mensholihahkan calon istri lo, dan dapet keturunan yang sholih.”

“Aamiin.. Gak nyangka lo yang dulunya korak banget bisa doain gue kayak gini.”

“Yaaa.. manusia kan bertumbuh bro. Ya orangnya, ya pemahamannya.”

“Baguslah. Semoga lo juga cepet nemu orang yang kriterianya selalu lo sebut di tiap sholat lo.”

“Aamiin. Gue terharu jadinya.”

“Pret.”

***

Ini part dari cerita #dialogwulandanbumi, biar pun gak ada Wulan atau Buminya. Hehehhe…

Oya, saya mau ngucapin selamat juga buat Mas @separuhkopi yang juga mau nikah pas tahun baru ntar. Semoga lancar sampai hari-H. Semoga pemahaman lo juga makin bertumbuh biar lo bisa makin mensholihahkan calon istri lo, dan dapet keturunan yang sholih.

Akhir kata, akhirnya situ berani nikah juga ya Mas. Wkwkwkwk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s