Istiqomah

Surabaya, 23 November 2016

Belakangan saya memperhatikan sesuatu dan menyimpulkan kalo yang namanya istiqomah ini banyak ragamnya. Ya ada yang baik, ya ada yang ngh juga.

Saya sering kagum sama orang-orang yang bisa istiqomah punya amalan-amalan rutin. Misalnya sholat dhuha, puasa senin-kamis, atau tilawah. Istiqomah melakukan kebaikan itu gak mudah. Banyak godaannya, dan untuk mereka yang bisa mengistiqomahkan sunnah-sunnahnya, kalian warbyasah.

Saya juga sering wow sama orang yang istiqomah baper. Wkwkwkwk… Idupnya gak pernah lepas dari baper. Gilak, jadi orang sensitifitasnya tinggi amat. Mungkin abis dikasi penguatan kali ya, jadi gampang baper gitu. Dan maaf, saya gabisa kasian sama orang yang istiqomah model gini. Istiqomah memelihara sedih. Astaghfirullah.. hobi banget sih piara penyakit. Sedih, sedih aja. Diungkapin trus udah. Ngapain gitu sedih dipiara, sampek kudu banget nyari-nyari bahagia. Bahagia mah udah ada, ibarat pintu itu udah ada, tinggal mau buka apa nggak. 

Kalo kebiasan pelihara baper atau istiqomah sama kebaperan, mungkin perlu dilatih buat ngebodo-amatin masalah yang udah lalu. Kalian punya Tuhan kali guys. Masalah kan datangnya dari Yang Kuasa, yaudah, balikin aja. Lo nangis gapapa, tapi abis itu udah. Gak pake menye-menye kayak ayam fillet (tapi ayam fillet mahal, Lel).

Ada lagi, istiqomah ngomongin orang alih-alih klarifikasi dan menyelesaikan masalah. Sibuk sama asumsi-asumsi sendiri yang belum tentu bener. Hadeh.. ya udah lah ya, kalo situ punya masalah, selesein aja. Kalo gosipin emang bikin masalah selesai? No. 

“Kan curhat, Lel.”

Oke, curhat. Sampek kapan mau curhat masalah yang sama. Yang dengerin curhatan situ juga udah ngasi alternatif solusi kalii..

Selain yang jelek-jelek, sebenernya banyak hal lain. Kayak orang-orang yang istiqomah belajar. Istiqomah berkarya. Istiqomah dakwah. Kenapa sih istiqomahnya gak dialihi ke hal-hal yang baik aja? Ya ini lagi gitu, Lel. Oh. Okeh. Maaf.

***

Btw, tulisan gue dari semalem galak ya. Maaf ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s