Silau

Surabaya, 8 November 2016

Bisa jadi kita ini sedang memasuki jaman jahiliyah jilid 2. Berita kejahatan hari ini semakin mengerikan. Masyarakat hari ini dihadapkan pada sebuah fakta bahwa keamanan itu hampir tidak ada. Naruh barang di depan rumah ilang. Ninggal anak kecil jadi korban pedophil. Apa-apa takut.

Belum lagi dengan seks bebas yang semakin merajalela. Nikah muda dijadikan sorotan. Yang seks bebas dianggap biasa. Anehnya lagi. Siswa sekolah dilarang mengikuti UNAS hanya karna sudah menikah. Sedangkan, siswi yang hamil diluar nikah diijinkan ikut UNAS. Semoga aturan ini sudah gak ada lagi.

Kita mudah melihat keburukan. Kita mudah untuk melakukan maksiat. Sampai kita tak merasa cemas ketika melakukan dosa. Kita menganggap wajar ketika yang lain pun melakukannya. Sedangkan bagi mereka yang merindukan kebaikan, hal kecil saja sudah membuat silau. Laki-laki yang sholat di masjid terasa mewah. Padahal ya sudah seharusnya begitu. Perempuan yang semuanya begitu syar’i terlihat begitu indah. Padahal ya sudah seharusnya begitu. Lihat orang ngapa-ngapain pake basmallah udah wow banget.

Kita silau dengan hal-hal kecil hanya karna terlalu sering dan banyak melihat dan melakukan dosa. Hingga kebaikan-kebaikan kecil itu membuat kita silau. Dampak yang ditakutkan satu, kita merasa cukup dengan kebaikan yang kita lakukan hari ini, merasa cukup dengan kadar keimanan yang masih segini-segini aja, merasa sudah cukup baik. Padahal jalan untuk meraih jannah-Nya masih sangat amat jauh. Ilmu kita masih dangkal. Pemahaman kita hanya sebatas itu-itu saja. Yang kita amalkan juga baru itu-itu aja.

Gitu sudah puas?

Layakkah kita merindukan surga tertinggi, bila hingga hari ini kita mudah puas dengan amal-amal (yang kita sebut) terbaik kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s