Mas Bumi

Surabaya, 23 Oktober 2016

“Bumi itu siapa Lel? Orang yang lagi deket sama kamu ya?”

Bukan.

Mas Bumi itu tokoh imajiner, yang realnya belum pernah saya temui. Saya bayangin Mas Bumi ini orangnya kaleeem banget, tapi teges, trus mengayomi. Seperti bumi, dengan lapisan-lapisan atmosfernya yang melindungi apa yang ada di dalamnya. Mas Bumi sosok bijak yang siap menuntun pendamping hidupnya (Wulan) untuk sama-sama ke surga. Sosok penyabar yang menghargai dan memahami setiap hijrah yang dilakukan Wulan.

Kenapa bumi?

Awalnya saya cuma kepikiran nama Wulan, yang punya cahaya tapi tak menyilaukan. Terlihat indah, meski sebenarnya punya sisi kelam. Pada dasarnya manusia gitu sih. Kalo yang kita liat bagusnya doang, it means Allah lagi berbaik hati menutupi sisi gelap kita. Wulan ini calon makmum yang akan mengikuti kemana pun langkah imamnya, karna itu saya bikin Mas Bumi. Realitanya, bulan selalu mengitari bumi, seperti itulah Wulan ke Mas Bumi.

Dialog Wulan dan Bumi ini fiktif, seriusan. Gak selalu percakapan itu nyata. Tapi percakapan itu adalah doa-doa yang saya tuliskan untuk diri saya agar menjadi sisi baik dari dialog antara 2 tokoh dalam masing-masing cerita. Doa agar bertemu orang-orang seperti yang ada dicerita, terutama Mas Bumi.

Iya, sama seperti Wulan. Saya juga jatuh cinta sama tokoh ini. Tapi belum pernah nemu yang miripnya lebih dari 50% dari Mas Bumi yang saya tulis di sini. Mas Bumi pemahaman agamanya dalem, membumi, tapi tetap rendah diri. Siap membimbing, bukan menggurui. Keren lah pokoknya.

Gitu. Jadi, Mas Bumi sementara ini masih tokoh imajiner yang diharapkan bisa jadi nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s