Berdamai dengan Masa Lalu

Surabaya, 5 Oktober 2016

Bagi sebagian orang berdamai dengan masa lalu itu perkara mudah, tapi tidak dengan sebagian yang lain. Ada kalanya saat masa lalu itu hadir kembali dalam wujud yang berbeda di kehidupan saat ini ada perasaan jengkel setengah mati, ada perasaan marah yang tiba-tiba saja meluap, atau mungkin ada perasaan sedih dan kecewa yang tiba-tiba saja muncul.

Berdamai dengan masa lalu ada kalanya gak seperti cerita di AADC 2. Akhirnya Rangga sama Cinta balikan lagi. Berdamai dengan masa lalu bisa jadi memaafkan apa yang terjadi di masa lalu. Ya orangnya, ya segala kenangan yang menyebalkan, dan tentu saja diri sendiri yang pernah begitu bodoh atau pernah begitu jahat. Kemudian berhenti untuk memutus tali silaturahmi. Iya, kadang setelah fenomena tidak menyenangkan di masa lalu semua jadi begitu canggung. Abaikan saja. Kita tidak sedang berharap untuk kembali benar-benar dekat, tapi sekedar menjaga tali silaturahmi, itu saja.

Saya kenal dengan orang yang berkali-kali dikhianati oleh sahabatnya. Dan hari ini setelah masalah itu selesai kembali bersahabat. Kembali menjalin hubungan baik. Saya juga kenal dengan seseorang yang pernah difitnah habis-habisan oleh seseorang, dan hari ini dia masih sanggup tersenyum dan menjalin hubungan baik dengan orang itu. Tapi saya juga kenal dengan seseorang yang benar-benar tidak mau menoleh pada masa lalunya, memutus segala hal yang ada di masa lalunya.

Pada dasarnya berdamai atau tidak dengan masa lalu itu pilihan. Tapi pun perlu diingat bahwa kita hari ini adalah bagian dari pembentukan segala fenomena di masa lalu. Berdamai dengan masa lalu bisa jadi sebuah rasa syukur dan terima kasih karna telah membentuk kita hari ini yang lebih baik dari kemarin, dengan pemikiran yang lebih bijak, dengan hati yang lebih lapang.

Jadi, cobalah untuk berdamai. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s