Gila pada Waktunya

Surabaya, 26 September 2016

Jadi kemarin ceritanya saya lagi super random mendekati gila barangkali. Tiba-tiba senyum-senyum sendiri karna halusinasi yang tiba-tiba saja muncul di kepala saya. Waktu tidur pun mimpinya nyambung. Saya sampai tidak bisa membedakan apakah saya ini sedang sadar atau tidak. Tapi anehnya, karena tersentil dengan sesuatu sedikiiiit saja, saya jadi nangis. Tanpa sebab. 

“Kayaknya gue udah gila deh.”

Sejujurnya saya agak ngeri dengan kondisi saya yang punya mood swing luar biasa kemarin. Sekali pun saya sadar betul kenapa bisa begitu. Tebak!

Iya. PMS.

***

Mungkin tidak semua perempuan yang kalo lagi PMS jadi gila. Tapi kebanyakan pasti pernah mengalami. Saat PMS biasanya jadi…

1. Gila Makan

Sebelum siklus menstruasi, biasanya nafsu makan akan meningkat berkali-kali lipat dari biasanya. Bawaannya pingin makaaan terus. Kalo biasanya makan sehari 3x, mungkin saat PMS bisa lebih. Anehnya, setelah menstruasi biasanya nafsu makan malah menurun drastis. Kalo saya, biasanya jadi males makan gara-gara sakit perut.

2. Sakit Punggung

Ngalamin gak sih, pas mau mens jadi gampang encokan. Duduk bentar udah boyokan, bawaannya pengen rebahan di kasuur mulu. Tapi kerjaan masih numpuk 😥

Saya kalo ini masih sering, bahkan hampir setiap bulan ngalami. Dan biasanya saya siasati dengan ngerjain tugas sambil tiduran di tempat sholat ruangan. Tapi gak semua orang yang kerja bisa kayak saya sih. Kok ya alhamdulillah, tempat kerja saya masih memungkinkan buat goler-goler kayak gini pas lagi boyokan. 

3. Mood Swing

Ini nih yang bikin perempuan jadi drama queen, jadi monster, jadi orang yang paaaling nyebelin pas lagi PMS. Iya, maunya ya semua yang dipingin diturutin. Apa yang ada dibenaknya terlaksana begitu aja. Tapi ya kan gak bisa kayak gitu juga, dan tidak selalu bisa seperti itu juga. Pas lagi mood swing gini, adakalanya ya sadar kalo ini efek PMS, tapi ngontrolnya itu yang butuh perjuangan. Maunya sih jadi sabar atau tegar gitu, tapi jadinya malah nangis dipojokan (ilustrasi aja siih). Maunya jadi ceria, tapi hatinya dongkol, mukanya jadi aneh gitu kali ya, soalnya kudu gabungin antara kudu ceria sama setengah dongkolnya tadi.

***

Sekali lagi saya bilang, gak semua perempuan seperti itu. Tapi kebanyakan perempuan pasti pernah mengalami barang satu atau lebih dari gejala yang saya tulis, bahkan mungkin ada yang lebih aneh lagi.

Karena itu…

Terpujilah wahai engkau bapak-bapak, para suami di luar sana, pada kakak laki-laki, dan para laki-laki yang begitu memahami saat kami lagi PMS.

“Udah ngalah aja, lagi PMS dia.”

Makasi lo ya udah memahami dan sorry juga kalo sering jadi korban. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s