Hallo kak satria, meyakinkan diri bahwa dia jodoh kita itu gimana yak?kan katanya jodoh itu memang Allah yg atur tapi kita yg mengusahakan. Bukankah begitu?

satriamaulana:

Halo, @rositanur. Betul. Sederhananya, mohonkan keyakinan kepada Sang Pemberi. Sebagai manusia, adakalanya kita diselimuti kebimbangan atas “dia” yang kamu maksud. Wajar banget. Ada pengalihnya, ada pasang-surut dalam proses membulatkan tekad. Tapi tanpa melibatkan-Nya, tekad kita cuma tekad setengah jadi. Sekilas ada bentuknya tapi enggak kokoh.

Upaya-upaya untuk menguatkan keyakinan lewat ibadah, saya yakin kamu lebih tau caranya. Keyakinan itu juga harus ditindaklanjuti dengan aksi untuk meluruskan niat dan memperbaiki diri. Dengan begitu, keyakinan yang muncul akan berwujud lebih baik dari sebelumnya. Saya sepakat sama kutipan @prawitamutia yang bunyinya “tidak usah galau sebab kalau jodoh pasti mudah”.

Kemudahan yang muncul sewaktu berikthiar saya anggap sebagai sinyal-Nya supaya kita mau menindaklanjuti kebaikan. Inget, keputusan final untuk segala sesuatu apapun enggak pernah betul-betul 100%. Kadang 75%, kadang 90%, kadang 82%. Untuk menggenapkan, kita harus lebih mendekat kepada-Nya dan berserah dengan segala ketentuan-Nya. Sadari bahwa kesempurnaan enggak pernah jadi kodrat kita. Sadari bahwa skenario-Nya selalu lebih baik dibanding sangkaan kita. 

Jodoh enggak tiba-tiba turun dari langit selepas musim hujan. Ada hati yang perlu dibukakan, ada beragam ikhtiar yang perlu dilakukan dan ada kedekatan dengan-Nya yang perlu dirapatkan. Selebihnya, bersabarlah. Karena katanya, sabar bukan tentang seberapa lama kamu menunggu, tapi seberapa banyak kebaikan yang kamu lakukan saat menunggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s