Sulit (?)

Surabaya, 23 Maret 2016

“Kesulitan itu diciptakan bukan untuk menjatuhkan manusia, tapi kesulitan diciptakan untuk menjadikan manusia menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.” – AAF.

Semester akhir itu memang selalu punya cerita. Dulu, ketika saya sedang menjadi mahasiswa tingkat akhir, ada seorang teman yang bisa dibilang cukup aneh. Untuk memutuskan sesuatu itu rasanya suliiiit sekali. Dia juga lebih sering kebingungan sendiri. Ketika ditawari bantuan, dia sendiri tidak tahu mana hal-hal yang sekiranya bisa dibantu orang lain. Usut punya usut, ternyata dia punya ayah yang begitu keras. Sedangkan ibunya justru kebalikannya. Saya kira cerita itu hanya fiktif belaka. Nyatanya tidak.

Pernah satu waktu saya melihat seorang wanita separuh baya yang lalu lalang di area ruang kaprodi dan Lab TA. Saya tanya pada salah seorang teman, ternyata dia adalah ibu dari si X yang tadi saya ceritakan. Jadi, ceritanya Ibu Si X ini datang ke kampus untuk bisa memastikan apakah anaknya bisa ikut mengerjakan tugas akhir agar bisa lulus tepat waktu. Tapi ternyata tidak hanya saat itu juga. Si Ibu ini semakin sering ke kampus, mirip mahasiswa yang sedang bimbingan. Tujuannya ya tetap sama. Apa alasannya?

“Kalau anak saya tidak bisa lulus tepat waktu, dia bisa dihajar habis-habisan oleh Bapaknya.”

Ngeri, batin saya. Bukan drama mahasiswa tingkat akhir namanya kalau segalanya jadi mudah. Dia pun mengalami hal-hal yang dialami oleh kebanyakan orang, kesulitan. Saking buntunya, dan gak ngerti caranya tanya ke teman, akhirnya dia memutuskan untuk kabur dari rumah dan tidak pergi ke kampus. Kaburnya dia ini malah makin memperkeruh suasana. Ibunya nyari, temen-temen nyari, kaprodi nyari. Bahkan hampir dilaporkan ke polisi. Untungnya, teman-temannya berhasil menemukan dia. Tau dia bersembunyi di mana? Mushola kecil dekat rumahnya. Hmmmm…

Hari ini saya juga mendengar kisah-kisah lain yang serupa. Mahasiswa tingkat akhir yang tiba-tiba saja menghilang dari peradaban karena merasa kesulitan dengan Tugas Akhirnya.

Saya pernah mengeluh pada Ibu saya saat sedang mengerjakan tugas akhir dulu. Dan tanggapan dari Ibu saya justru bikin ngh.

“Yang merasa kesulitan Mbak Lely doang?”

“Ya enggak sih, yang lain juga banyak.”

“Ya sudah, kan ada temennya. Dijalani saja. Toh, yang merasa seperti itu juga banyak.“

Dulu, saat saya menjadi mahasiswa tingkat akhir, dalam hati saya sering kali bertanya-tanya, “ngerjain TA kok gini-gini banget ya?” Harus banget sampai hampir putus asa, harus banget sampai nangis-nangis liatin alat yang gitu-gitu aja, harus banget jadi orang yang dikejar-kejar kaprodi. Teman-teman saya yang lain pun tidak ada yang jalannya mulus pake banget. Masing-masing orang punya cerita. Masing-masing orang punya kesumpekan sendiri. “Harus banget ya kayak gini?”

Pasca lepas dari status mahasiswa, saya sadar. Mungkin ujiannya mahasiswa tingkat akhir memang harus kayak gitu. Supaya kuat menghadapi the real jungle pasca status mahasiswa itu lepas dari diri mereka. Kesulitan-kesulitan itu yang akhirnya membentuk kita menjadi manusia yang lebih tangguh dari sebelumnya.

Kadang kala saat menemui kesulitan kita merasa seakan berada pada satu titik yang sama. Kita merasa seakan semua tetap sama walaupun kita sudah berusaha sekuat tenaga. Nyatanya tidak. Setiap usaha yang kita lakukan, entah itu kita sadari ataupun tidak, pasti ada efek yang cukup berdampak pada diri kita. Ada sesuatu yang terbentuk dalam diri kita setelah atau bahkan saat kesulitan itu kita hadapi.

Cukup jangan menyerah. Kemudahan itu pasti ada.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – Al Insyirah 5-6

© Aprilely Ajeng Fitriana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s