Saling Mengingatkan

Surabaya, 22 Maret 2016

Kemarin pagi, bahkan subuh pun belum, seorang sahabat menceritakan tentang kegundahan di hatinya. Dia berceritan tentang kegagalannya dalam berhijrah, tentang bagaimana lemahnya dia yang tak mampu menahan godaan-godaan yang muncul, dan tentang keinginannya yang ingin memendekkan jilbabnya. Dia begitu sedih dengan kondisi imannya yang kacau balau. Dari bahasa pesan singkatnya, dia seperti baru saja menangis atau bahkan sedang menangis.

Entah kenapa, pesan-pesan itu seperti menampar diri saya sendiri. Saya sendiri saat itu juga sedang kacau. Bagaimana saya bisa menanggapinya, memberinya nasihat bila saya sendiri juga masih sama seperti itu. Akhirnya, saya memilih untuk menguatkan langkahnya. Memberinya semangat agar tidak berhenti di tengah jalan setelah perjuangan panjang yang dia lalui. Memintanya untuk memohon pertolongan kepada Yang Maha Menguatkan.

Sampai ….

“Lel, kudungmu gak panjang lagi ya?”

Bhuak!! Berasa ditabok.

Akhirnya saya menjelaskan bahwa sebenarnya kondisi saya pun tidak sedang lebih baik dari dia.

Ada yang pernah bilang gini, “sebelum menasehati orang lain, sebaiknya ngaca dulu. Karena apa saja yang keluar dari mulut kita juga akan dipertanggungjawabkan. Sinkron gak sih yang diomongin dengan yang dilakukan.

Saya setuju kok dengan statement itu, hanya saja. Apa salahnya saling mengingatkan? Terkadang nasehat-nasehat kita untuk orang lain, juga jadi pengingat untuk kita. Jadi trigger untuk kita agar bisa sesuai dengan apa yang sudah diucapkan. Ya kalau seandainya ada yang protes, “situ aja belum bener, kok sok nasehatin.” ya udah, terima aja. Emang pada nyatanya kita belum sepenuhnya baik. Anggap saja itu sebagai reminder untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jangan takut salah, jangan takut melangkah. Lakukan yang diyakini itu benar, sembari terus upgrade diri dan ilmu. Semoga dengan itu kita bisa sama-sama jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

© Aprilely Ajeng Fitriana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s