Serba Mudah

“Jangan lupa di laporan pendahuluan dilampirkan fotocopy dari modul ya.”

Itu salah satu kutipan pengantar perkuliahan yang disampaikan oleh salah satu rekan dosen (senior). Jujur aja, apa yang disampaikan beliau bikin saya jadi mbatin. “Enak banget tinggal foto copy doang.”

Jamannya mungkin sudah beda. Maksud beliau juga baik, meminimalisir mahasiswa tidak mengerjakan tugas karena banyaknya tugas yang menumpuk. Kalau di politeknik rata-rata tugas didominasi oleh laporan-laporan praktikum. Ya laporan pendahuluan, ya laporan resmi (laporan hasil praktikum). Saya sendiri agak gak sreg dengan yang semacam itu. Jaman saya kuliah dulu, yang laporan pendahuluannya ditulis tangan dan gambar gak boleh di kliping aja buat ngeh sama apa yang mau dilakuin di praktikum aja alot. Apalagi yang cuma di-copy aja. Finally, mumpung dikasih otoritas buat akses mahasiswa saya kasihlah pre-test sebelum praktikum yang sedikit tidak biasa dengan praktikum-praktikum yang lain. Tujuan saya sederhana kok, paling tidak mereka udah ngerti mau ngapain sebelum praktikum. Toh, yang macem ini di kampus-kampus lain juga dilakukan. So, why not?

Lepas dari praktikum-praktikum tadi, sebenarnya ada banyak hal yang perlu disyukuri karna kita tinggal pada masa kini. Sebuah masa yang punya begitu banyak kemudahan di dalamnya.

“Kamu dulu waktu TA udah pakai laptop ya?”

“Iya, Mas.”

“Aku dulu enggak, jamanku kuliah dulu masih pakai komputer. Jadi kalau mau nunjukin hasil kadang harus gotong-gotong komputer dari lantai 1 ke lantai 4. Tau sendiri kan komputer jadul kayak gimana? Monitornya gak ada yang tipis-tipis kayak sekarang, ya monitor-monitor yang cembung itu. Bayangin aja beratnya gimana.”

Yap, memang kudu bener-bener bersyukur kok. Mau ini mudah, mau itu mudah. Peralatan yang canggih juga ada di mana-mana. Dan gak lama lagi, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tentu saja peralatan yang lebih canggih dan wow akan ada dalam kurun waktu yang tidak lama.

Ruang JJ-209 | Menanti rapat

Lelly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s