Syukur

Di hari yang begitu spesial ini, aku benar-benar bersyukur atas segala yang terjadi hingga detik ini.

Aku bersyukur bisa sholat Id dengan tenang, datang lebih awal, mendengarkan khutbah, semua dilakukan dengan begitu damai. Sementara orang lain, harus menunaikan tugasnya. Mempersilahkan barisan paling depan untuk orang lain. Baru mempersiapkan diri untuk sholat pada menit-menit terakhir dan harus meninggalkan shaf setelah sholat selesai, bahkan sebelum penceramah menyelesaikan khutbahnya. Mereka pergi untuk kembali ke posisi semula, menjaga kami agar kami dapat beribadah dengan tenang.

Aku bersyukur bisa berkumpul dengan keluargaku di hari yang indah ini, melihat senyum mereka, mendengar obrolan mereka, dan memeluk mereka. Sementara orang lain di luar sana, ada yang merelakan waktunya agar orang lain tetap bisa mendapatkan bensin saat harus bepergian, tetap bisa menikmati listrik, tetap merasa aman, dan lain sebagainya. Mereka meluangkan waktu yang seharusnya dapat berkumpul dengan keluarga demi amanah yang sudah diberikan kepada mereka.

Aku bersyukur bisa menjabat tangan kedua orang tuaku, mencium dan memeluk keduanya sembari mengucap maaf. Sementara di luar sana, ada orang yang tak bisa lagi melihat kedua orang tuanya, mendengar nasihatnya, bahkan sekedar meminta maaf kepada keduanya. Ada orang-orang yang hanya mampu menyesali kesalahan-kesalahan mereka pada orang tua mereka, tanpa bisa mengucap maaf. Mereka hanya mampu mengirimkan doa. Doa untuk orang tua mereka yang telah pergi ke pangkuan-Nya.

Banyak sekali anugerah yang kita terima tiap harinya. Banyak sekali hal-hal indah yang terjadi setiap harinya yang sering kali kita syukuri. Kita hanya terlalu fokus dengan hal-hal buruk sehingga lupa dengan kebaikan-kebaikan yang terjadi di sekitar kita. Hari ini aku belajar banyak dari mereka. Dari pak polisi dan tentara yang berjaga di lapangan tempat sholat, dari tatapan mata bocah polos berusia 6 tahun yang sudah tidak memiliki orang tua lagi, dan tentu saja dari ibu.

Malang, 17 Juli 2015

Lelly Fitriana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s